Kamis, 24 November 2011

IKLAN JUAL DIRI

Mungkin perasaan aneh  menyeruak di benak anda ketika membaca judul tulisan ini. Jual diri  disini bukanlah bentuk prostitusi atau tindak asusila seperti yang anda bayangkan. Tapi ini  sebatas ajakan kepada anda untuk menjual diri anda pada diri anda sendiri. Diantara kita pasti  sudah mengenal buku best seller The Magic Of Thinking Big karya David J. Scwarts. Sang penulis mencoba untuk mengokohkan kepercayaan diri  semua orang dan membuat semangat dan optimisme siapapun seolah di aliri tenaga saat membacanya.
Di dalam bukunya terdapat ulasan  “iklan jual diri”. Iklan berdurasi 60 detik yang bertujuan untuk membuat kita  bangga pada diri kita  dan berfikir sukses. Buatlah iklan jual diri  dan  tujukan iklan jual diri itu untuk  kita sendiri. Dengan menyertakan nama  kita dan menyebutkan banyak hal positif yang  kita inginkan melekat dan benar-benar ada dalam diri  kita.
            Contohnya seperti ini : “Hendra Rahmat, perkenalkan ini Hendra Rahmat. Orang penting, benar-benar penting. Hendra, kamu pemikir besar, jadi berfikirlah besar. Berfikir besar mengenai segalanya. Kamu memiliki banyak kemampuan untuk melakukan pekerjaan kelas satu. Jadi lakukanlah pekerjaan kelas satu.
            Hendra, kamu percaya akan kebahagiaan, kemajuan, keberhasilan. Jadi, berbicaralah hanya tentang kebahagiaan, berbicaralah hanya tentang kemajuan, berbicaralah hanya tentang keberhasilan. Kamu memiliki banyak pendorong Hendra, banyak pendorong. Jadi manfaatkanlah pendorong tiu. Tidak ada yang dapat menghentikan kamu Hendra, tak satupun.
            Kamu antusias. Biarkan antusiasmu terlihat. Kamu baik Hendra, dan kamu selalu merasa baik. Tetaplah begitu. Hendra Rahmat, kamu orang hebat kemarin dan kamu akan menjadi lebih hebat hari ini. Sekarang maju terus, Hendra. Maju terus.
            Hendra kamu adalah orang yang paling bahagia di dunia. Karena kamu bisa menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Hidup bahagia adalah hakmu. Ciptakan kebahagiaanmu dengan caramu sendiri. Cara yang dicintaimu, dicintai semua orang dan dicintai Allah SWT. Jangan terima penilaian dari orang biasa karena kamu bukan orang biasa.
            Hendra kamu mempunyai pengalaman luar biasa dalam mencari kebahagiaan. Kamu adalah apa yang kamu fikirkan tentang dirimu. Kamu adalah manusia bebas yang telah mengetahui apa potensi dan kejeniusanmu yang sesungguhnya.”
            Buatlah iklan anda sendiri dengan membuat kata kata yang anda inginkan ada dalam diri anda. Praktekanlah membaca iklan anda keras-keras diruang tertutup sekali sehari. Dengan penuh tekad  bacalah di depan cermin. Baca iklan anda dalam hati beberapa kali sehari. Bacalah sebelum menangani apapun yang menuntut keberanian. Bacalah tiap kali anda tak bersemangat. Keberhasilan datang dari fikiran yang dikelola dengan baik. Jangan terima penilaian dari orang biasa karena anda bukan orang biasa.
            Ini bukan metode untuk memupuk kesombongan, tapi seni untuk membangkitkan semangat dan kebanggaan dalam diri kita. Siapakah yang tidak mau memiliki rasa bangga pada diri sendiri? Mungkin pertanyaan itu  yang ada dalam benak kita. Tapi, apa yang bisa  dibanggakan dalam diri kita? bagaimana caranya agar bisa bangga pada diri sendiri?    bagaimana Kalau yang  dominan dalam  diri kita hanya kejelekan dan kekurangan? Seperti kurang pintar, Kurang cerdas, kurang cantik, kurang kaya, kurang ganteng, kurang pergaulan. Atau apakah cukup dengan membanggakan segala kekurangan?
Segala macam pertanyaan kita tadi hanya membutuhkan satu jawaban yang  ada dalam surat At-Tin ayat 4  yang artinya:
            “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”
Artinya kita tercipta dalam keadaan sebaik mungkin. Kita adalah makhluk Allah yang hebat. Karena yang menciptakan kita adalah Zat yang Maha Hebat! Yang Maha baik. Otomatis yang diciptakan-Nya pun pasti hebat dan baik.  Terdapat banyak hal  dalam diri kita yang sangat bisa di banggakan dan bisa membangkitkan semangat kita. Hanya, kita belum menemukan hal yang bisa dibanggakan itu dan kita tidak tahu dimana letak kunci harta karun yang terpendam di dalam diri kita.  Kita di anugerahi akal untuk berfikir maka pasti ada banyak hal yang mengejutkan dalam diri kita yang sebenarnya bisa kita banggakan.
            Dari setiap anggota tubuh kita, kita sudah menemukan manfaat dan fungsinya. Hanya  kita belum menggunakan fungsi anggota tubuh kita dengan sangat maksimal. Dan tidak menggunakannya untuk mengembangkan diri, bakat  dan potensi kita. Sehingga  kita jarang menggunakan segala anugerah panca indera yang telah Allah ciptakan. Bisa di ibaratkan kita ini sebatang pohon kelapa kaya manfaat yang di biarkan begitu saja  tanpa dipergunakan. Ataupun pohon jati yang masih berada di hutan.
            Memangnya ukuran kehebatan kita itu apa? Dan Hal apa yang bisa di jadikan ukuran rasa bangga pada diri sendiri. Yang pasti hanya kita sendirilah yang berhak menentukan kebanggaan itu. Dan kebanggaan itu harus mengundang rasa bahagia yang besar dalam diri  kita.  Kebanggaan yang bisa menciptakan kebahagiaan.  Kebahagaiaan yang bisa membuat kita bangkit untuk berkarya.  Setiap kegiatan yang bisa menciptakan kebahagiaan pasti adalah kegiatan yang positif.  ( Narkoba memang bisa membuat bahagia, tapi kebahagiaannya sesa’at dan juga SESAT!!).
             Kita bisa menentukan  ukuran kesuksesan dan kebanggaan menurut diri kita sendiri. Dan jangan pernah menuruti arti kesuksesan dan kebanggaan menurut orang lain.  Seperti kita di katakan sukses kalau kita kaya, juara kelas, S2 di perguruan tinggi luar negeri, jabatannya tingggi. Ujung-ujungnya, kita tidak akan bahagia! Itu semua bukan ukuran kesuksesan yang sesungguhnya. Yang kita butuhkan hanya PERASAAN DAN MERASA BAHAGIA. 
Kebahagiaan itu selalu berada 24 jam nonstop di dalam diri kita. Hanya, lagi-lagi kita belum menemukan cara untuk menciptakan kebahagiaan itu. Kita bisa MENCIPTAKAN KEBAHAGIAAN KITA DENGAN CARA KITA SENDIRI. Dengan melakukan hobi atau hal-hal yang membuat kita merasa lebih berharga, yang kita sukai dan juga di sukai semua orang, yang lebih utama di sukai Allah Swt.
            Lahirkan kebanggaan di dalam diri kita dengan memanfaatkan segala kenikmatan yang Allah berikan. Gunakan segala fungsi panca indera dengan maksimal. Lahirkan kebanggaan dalam diri kita dengan mengasah bakat kita.
            Kang Endra K. Prihadi, seorang penulis buku My Potency pernah berkata pada penulis:
            “Bakat itu adalah sesuatu hal yang apabila kau lakukan, akan membuatmu merasa sangat bahagia dan kau lupa segalanya.   Sesuatu yang sangat kau cintai dan menurut orang lain kau berprestasi dan hebat dalam bidang itu.”
The Example, ada orang yang suka basket, menulis dan bahasa Inggris. Di antara ketiga hal itu dia merasa bahagia  jika melakukan semua. Tapi dia hanya wajib mengembangkan satu hal. Hal yang ternyata telah banyak prestasi dalam bidang itu, dan kata banyak teman dan dosennya, dia hebat  dalam bidang itu. 
            Kita  harus bangga pada diri kita sendiri. Karena bagaimana orang lain bisa bangga pada kita, sementara kita sendiri tidak bangga pada diri kita. Tapi be carefull, jangan sampai rasa bangga kita mengundang kesombongan, Ujub dan Riya dalam diri Kita. Berbanggalah! Bangkitkanlah jiwa kita yang selama ini terkubur, untuk terus berkarya dan berprestasi.
Jangan biarkan setan tertawa melihat diri kita yang putus asa. Relakah kita ditertawakan? Jika tidak, maka lawanlah dengan terus-menerus menunjukkan keberhasilan dalam hal apapun. Jangan biarkan potensi kita terpasung dan terbelenggu. Mungkin selama ini kita belum menerima diri kita apa adanya. Inilah kita yang seperti ini. Bagaimanapun juga Allah menciptakan kita dengan garis takdir yang unik. Dengan benang-benang kehidupan yang tersulam dalam  bingkai kehidupan dengan warna dan alur yang khas.

1 komentar: